Friday, January 29, 2010

Trans Jogja

Trans Jogja....hampir sama dengan Trans Jakarta. Jadi kalo loe lagi berada di Kota Gudeg, coba deh naik neh Trans Jogja (bus). Ada rute-rutenya gitu, 1A, 2A,3A dll. Nggak usah bingung, petugasnya sangat ramah dan dengan senang hati menerangkan rute-rutenya. Semisal mau ke Jogja Expo Center, tanya ajah ke petugasnya, ntar diterangin mesti Trans Jogja yang A berapa, atau B berapa, dijamin nggak bakalan nyasar, asal nurut ama instruksinya. Mau muter2 keliling Jogja sepuasnya bisa naik Trans Jogja, cuman bayar Rp 3.000,-. So irit banget kan dibandingkan naik taxi. Konsep Trans Jogja ini kudu ditiru oleh kota-kota besar di Indonesia, yang dapat memudahkan masyarakat dan mendukung pariwisata lho. Coba di Bali ada Trans Bali, kayaknya bakalan seru tuh.

Ada kejadian lucu ketika aq di halte bandara, nunggu trans jogja 1A arah kota, ada cewek, pake baju serba hitam, rok mini, rambut pirang. Gayanya okay modern gitu. Tiba-tiba:

"excuse me", sentak neh cewek, hmm jadi kaget aq. Aq mundur kebelakang beberap langkah. Aq belum lihat wajahnya, aq kira orang korea gitu.

Trus bus 1A berhenti, dia mau masuk, tapi petugas bilang itu 1A arah Prambanan. Dan tuh cewek marah2 ke petugasnya, dia bilang 1A itukan yang ke malioboro. Sebenarnya tuh cewek nggak salah, krn ketika aq check di pengumuman halte, memang 1A itu ke arah malioboro juga. Cuman 1A itu ada dua, ada 1A arah prambanan dan 1A arah kota. Nah krn neh cewek tujuannya ke Malioboro, dia harus naik bus 1A ke arah kota. Yang buat neh cewek menarik perhatian org banyak di halte yah itu dia marah ke petugas pake BAHASA INGGRIS, dan bahasa Inggrisnya PERFECT banget...., cuman kok petugas2-nya dan orang2 pada tertawa, aq jadi bingung ....apa yang salah yah? toh kalimat yang diucpakn tuh cewek benar..., salah satu penumpang memberi kode ke aq kalo tuh cewek GILA. Nggak berhenti ampe situ saja.

Ada kakek yang jalan mendekati tuh cewek, eh tuh cewek langsung marah "Don't touch me, what do u want to do?", ucap tuh cewek ke kakek itu sambil berjalan menjauh dari itu kakek. Trus ada cowok gendut, yang langsung marah ke tuh cewek sambil berkata, "Mbak, kalo nggak mau dipegang2 yah jangan berdiri ditengah pintu masuk".

Kontan semua orang tertawa.....aq ajah ngempet menahan meledaknya tawaku. Nah ketika bus 1A arah kota tiba, tuh cewek langsung masuk nyelonong gitu, biasanya kan kita tunggu penumpang yang turun, baru kita masuk, lagi-lagi org2 pada grrrrr gitu deh. Pas sampe di halte Ambarukmo Plaza neh cewek turun, aq juga turun di situ, soalnya mau nonton......hmmm lihat tuh cewek diketawain org2, aq jadi mikir, sebenarnya yg GILA ini siapa yah????

Analisa:
1) cewek tsb bukan org WNA, dia WNI yang jago berbahasa Inggris
2) di halte bus, dia pake rok mini banget, kalo ada orang usil jangan marah donk, secara dia berdiri di tengah2 pintu masuk
3) cewek tsb marah ke petugas, krn dia tidak tau kalo rute 1A itu ada dua jalur, 1A arah prambanan dan 1A arah Malioboro. Seharusnya Trans Jogja bis amemisahkan dengan 1A utk arah Prambanan, 1B utk arah Kota.
4) Mungkin yang buat org2 neg dgn neh cewek krn neh cewek pake bahasa inggris, mbok yah pake bahasa Indonesia gitu lho, nggak usah sok kebule-bulean. Boleh selera bule, tapi tetap jangan kehilangan muatan LOKAL.

0 comments:

 

Blog Template by YummyLolly.com