Sunday, January 17, 2010

Kemelut Bailout Bank Century

Ampe bosan dengar berita yang mengulas tentang skandal Bailout Bank Century. Tapi bukan berarti itu membuat aq jadi males mengikuti perkembangan kasus ini. Dalam sidang pansus dengan saksi-saksi yang ditayangkan oleh stasiun tv swasta, bisa dilihat bagaimana saksi2 tsb dicecar dengan pertanyaan2 yang kritis dan gmana jawaban (reaksi) dari saksi2.

Kalo aq lihat ada banyak hal-hal yang ganjil:

Tugas BI kan salah satunya untuk melakukan pengawasan thd bank-bank. Kinerja Bank Century sudah memburuk sejak Tahun 2005, lho BI kok kayaknya nyantai ajah. Dibiarkan ampe CAR nya minus ditahun 2008. Apa memang begitu lemah kah pengawasan di BI? atau tidak ada niat untuk menyelesaikan masalah yg dihadapi oleh Bank ini.

Bank kecil seperti Century yang hanya 0,05 sekian dari sistem perbankan Indonesia kok bisa berdampak sistemik???? Hampir semua pejabat BI yang dipanggil sbg saksi menyatakan hal tsb lebih pada pertimbangan faktor PSIKOLOGIS???? kan susah measurementnya???

Sudah tau track record dari bankir Robert Tantular, kok yah masih dibiarkan beliau itu mendirikan bank di Indonesia???

Aq masih menunggu kinerja pansus ini, apakah mereka mampu membuka ALIRAN DANA BAILOUT Bank century....harusnya PPATK bisa memberikan informasi yg sedetail2nya agar terlihat jelas kemana saja aliran dana sebesar 6,7 T itu, mosok uang sebanyak gitu nggak tau kemana larinya???? trus PPATK itu ngapain ajah selama ini, mosok untuk mentracing dana gitu nggak bisa????


wuih........

Mengenai BI.....

Jadi ingat ketika masa kuliah dulu kalo lewat di depan Bank Indonesia, hmmm dikepalaku berputar-putar gambaran "Seadainya aq bisa bekerja di BI, pasti bangganya bukan main", jadi ingat teman2 kuliahku yang akhirnya diterima bekerja di BI. Tapi setelah terbongkarnya skandal ini, aq jadi ngerasa biasa saja.

0 comments:

 

Blog Template by YummyLolly.com