Monday, November 24, 2008

Pendidikan Gratis vs Komersialisasi Pendidikan

Lumayan kaget ketika baca berita di Kompas kalo beberapa universitas di Jerman memungut uang pendidikan sejumlah EUR 500 per semester dari mahasiswanya. Bukannya Jerman menentang yang namanya komersialisasi pendidikan???
Flashback ke mas SMA dulu....
semasa masih duduk dibangku SMA sempat ikut kursus bahasa Jerman, tertarik ama bahasa Jerman krn ada teman sekelasku, cewek, namanya Aisyah. Neh cewek pintar banget terutama matematika, sempat dapat nilai 10 di rapor. Hebatkan. Nah neh cewek ikut kursus bahasa Jerman. Dia cerita kalo di Jerman, kuliah itu GRATIS. Wah asyik donk. Kebetulan wali kelas ku itu guru bahasa Jerman, jadilah aq les ama beliau.
Balik neh....ke masa kini
Sebagian kecil universitas di Jerman mulai mengenakan biaya pendidikan bagi mahasiswanya, waalu ada batas maksimal yaitu sejumlah EUR 500. Banyak pimpinan Universitas yang menentang hal tsb, mrk tidak setuju thd komersialisasi pendidikan. Budget pendidikan dari pemerintah Jerman mulai berkurang, sehingga memaksa pihak universitas untuk mencari dana pendidikan dari pihak ketiga.
Coba bandingin dengan Indonesia, semasa kuliah dulu aq cuman kena SPP Rp 400.000 per semester, itu sebelum UNAIR jadi BHMN. Hasil perbincangan dari teman2 dari kampus lain ITB, UGM, UI tidak membedakan SPP antara mahasiswa yang lolos dari jalur SPMB maupun dari jalur-jalur "LAIN". Bisa dibayangkan kalo SPP per semester jadi 2.500.000 wow. Gmana dengan nasib anak2 kurang mampu yang punya potensi, bisa nggak yah mrk mengenyam pendidikan Perguruan Tinggi?
Masih mending jaman pak HARTO.

0 comments:

 

Blog Template by YummyLolly.com