Saturday, August 14, 2010

BERKIBARLAH BENDERA kaum MINORITAS

Dua hari menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-65, kok masih belum tampak kibaran bendera merah putih di sudut-sudut jalan, yang nampak malah bendera-bendera negara lain, ada bendera Jerman, Belanda, Perancis, Itali dsb, ini pasti akibat sisa-sisa Worldcup 2010 South Africa dan masyarakat malas untuk menurunkan bendera tersebut atau masyarakat lebih senang melihat bendera-bendera negara lain yang berkibar di tanah air ini dibandingkan bendera merah putih kebanggaan kita? hmmm auh ah gelap.... nggak gelap ah, kan ada warna putihnya bendera kita hehehehe. Hmm sebenarnya kenapa yah kok warna merah dan putih yang dipilih yah. Bendera kita tuh mirip banget ama bendera negara Monako, hanya beda rasio ukuran saja, juga bendera negara Polandia cuman kebalik ajah, Putih disisi atas, Merah disisi bawah.
Bendera Merah Putih RI:


Bendera Monako:
Ada nggak seh bendera yang warnanya warna warni, kayak pelangi gitu loh. Eh ternyata ada loh, bendera Peru dan Ekuador Wiphala, Bendera Koperasi Co-operative Alliance International, Bendera mahar baba India, bendera PACE Italia, Bendera Yunani Perdamaian dan yang terakhir dan sangat popular adalah bendera LGBT (Lesbian Gay Bisexual Transgender).
 Bendera LGBT:

Bendera pelangi, kadang-kadang disebut 'bendera kebebasan', dipopulerkan sebagai simbol lesbian , gay , biseksual dan transgender ( LGBT ) kebanggaan dan keragaman oleh San Francisco artis Gilbert Baker pada tahun 1978. The different colors symbolize diversity in the gay community , and the flag is used predominantly at gay pride events and in gay villages worldwide in various forms including banners, clothing and jewelry. Warna-warna yang berbeda melambangkan keragaman dalam komunitas gay , dan bendera digunakan terutama pada gay pride peristiwa dan di desa-desa gay di seluruh dunia dalam berbagai bentuk, termasuk spanduk, pakaian dan perhiasan. For the 25th Anniversary of the Stonewall riots , held in 1994 in New York city, a mile-long rainbow flag was created and post-parade cut up in sections that have since been used around the world. Untuk Peringatan 25 tahun kerusuhan Stonewall , diadakan pada tahun 1994 di kota New York, panjang bendera pelangi-mil telah dibuat dan pasca-parade memotong di bagian yang sejak digunakan di seluruh dunia. Bendera ini melambangkan warna kebanggan kaum gay yang mudah dikenali masyarakat.
Simbolisme multikultural dari warna pelangi itu sendiri bukanlah sesuatu yang baru. Ia mengambil bagian dalam beberapa mitos dan cerita yang berkaitan dengan isu-isu gender dan seksualitas di Yunani, Native Amerika, Afrika, dan budaya lain.

Arti per-warna :
- Red: light; (cahaya/terang)
- Orange: healing; (penyembuhan)
- Yellow: sun; (matahari)
- Green: calmness; (ketenangan/kedamaian)
- Blue: art; (kesenian)
- Lilac(ungu) : the spirit; (semangat)

Nah, udah ada yang pernah melihat Bendera RMS, GAM, OPM? 
Bendera RMS:

 Tanggal 9 Mei 1950 telah mengangkat bendera di Ambon: biru horizontal - putih - hijau dengan segitiga merah hoist, berisi tujuh bintang 5-menunjuk putih. The stars are supposed to represent the main islands of the Southern Moluccas: Buru, Ceram, Ambon, Wetar, the Tanimbar islands, the Key islands and the Aru islands". Bintang-bintang dianggap mewakili pulau-pulau utama dari Selatan Maluku: Buru, Pulau Seram, Ambon, Wetar, kepulauan Tanimbar, kepulauan Key dan pulau-pulau Aru ".

Bendera GAM:
 Bulan sabit dan bintang sebagai lambang Islam untuk disampaikan kepada Allah, hukum dan keadilan. The red stands for bravery, loyalty, truth and the willingness to make sacrifices for the right path of God. Merah berarti keberanian, kesetiaan, kebenaran dan kesediaan untuk berkorban untuk jalur kanan Allah. The white fimbriations symbolise the pureness of the objects made. The fimbriations putih melambangkan kemurnian dari obyek dibuat. The length of the flag is one-and-a-half times the height, other dimensions are laid down according the standards of the expert designers. Panjang bendera adalah satu-dan-setengah kali tinggi, dimensi lain yang ditetapkan sesuai standar dari desainer ahli.

Bendera OPM:
Nah sekarang udah tau kan bendera-bendera RMS, GAM, OPM, kalo melihat bendera tersebut berkibar di salah satu sudut tanah air ini, apa yang bakalan kamu lakukan? lapor ke polisi? mencopot bendera tersebut? atau cuek ajah? 


Trus kalo bendera Pelangi LGBT yang berkibar, apa yang akan kamu lakukan? Apakah mengibarkan  bendeara LGBT juga termasuk kejahatan? kalo iya, kasihan banget yah kaum minoritas tersebut. Mau kibarkan bendera nggak boleh, mau buat konggres nggak boleh, soalnya Indonesia punya FPI (FRONT PEMBELA ISLAM) loh bukan FPLGBT (FRONT PEMBELA LESBIAN GAY BISEX TRANSEXUAL).

Sangat menarik untuk dicatat bahwa bendera dari warna tersebut digunakan untuk barang-barang yang lain juga banyak, seperti mugs/cangkir, handuk pantai, tee-shirt, dll untuk dijual di toko-toko suvenir. Ada yang udah pernah beli? hehehe


0 comments:

 

Blog Template by YummyLolly.com