Friday, December 11, 2009

Jadi penulis???

Kemarin, disela-sela kejenuhan, yah kembali kegemaranku yang hobi baca, abis mandi trus tancap gas ke TB Gramedia. Hmm ntahlah kalo udah di toko buku udah serasa di surga, nggak terasa 3 jam ditoko buku hehehehe.

Diantara ribuan buku itu, ada satu buku yang mencuri perhatianku, judulnya simple "i am a writer" yang ditulis oleh Andrea Tejokusumo. Neh buku tebalnya 104 halaman, dengan desain cover kartun gitu deh....yah kalo dilihat seperti buku untuk anak-anaka gitu deh, tapi judulnya itu yang buat aq penasaran "i am a writer".

Jadi ingat ke masa lalu, kalo pas SD, biasanya kan ditanya-tanya, "Don, kalo udah gedhe mau jadi apa?", yah namanya juga masih kecil paling cuman geleng-geleng kepala.

Pas SMP ditanya pertanyaan yang sama, jawabku "mau jadi penyanyi, jadi artis"
Pas SMA, jawabku "mau jadi sejarahwan, mau jadi wartawan"
Lho kok masuk IPA???? mau jadi dokter atau insiyur yah???, tanya teman2ku
hmmm
Pas kuliah, eh kok malah ambil jurusan Akuntansi????

Kalo dari keluarga, "Don, jadi pendeta saja yah", itu kata nenekku.
"Don, jadi dokter ajah yah", itu kata mamaku

Hmm, coba kalo aq jawab aq pengen jadi wartawan atau penulis, pasti mereka pada geleng2. Mau jadi gelandangan??????? emang gaji penulis itu gede????

weh.......

Setelah ngebaca buku ini, aq jadi sedikit banyak dapat gambaran ttg profesi penulis. Banyak teori, banyak aturan dalam menulis, tapi kalo aq boleh buat kesimpulan untuk diriku sendiri....

Menulis itu sama halnya ketika aq menyanyi....sama-sama membutuhkan "SOUL" dan "PERSONALITY/STYLE".

Satu hal yang paling enak jadi penulis, MERDEKA. Yah kebebasan untuk melukiskan apa yang kita rasakan, apa yang kita pikirkan, apa yang kita lihat (amati), apa yang kita bayangkan (imaginasi).


0 comments:

 

Blog Template by YummyLolly.com